Sabtu, 06 April 2013

Barcelona Tak Tergantung Messi



Barcelona – Bagaimanakah nasib Barcelona tanpa Lionel Messi? Faktanya, gol-gol Barcelona bisa datang dari pemain gelandang dan bahkan belakang.
Barcelona bakal kehilangan Messi daat menghadapi Mallorca dalam lanjutan Kompetisi La Liga, Sabtu (6/4/2013) ini. Messi bahkan juga belum pasti apakah bisa tampil atau tidak menjamu Paris St Germain pada Rabu (10/4/2013).
Messi memang mesin gol paling ampuh Barcelona. Dari 48 pertandingan resmi yang sudah dimainkan sejauh ini, Leo mencetak 35 gol. Artinya, di setiap pertandingan, 72% dia mencetak gol. Secara keseluruhan, dia mencetak 57 gol dari 132 laga.
Tentu saja, absennya Messi bakal mengurangi ketajaman Barca di lini depan. Tapi, kekuatan Barcelona dalam menyerang, bahkan mencetak gol, tak hanya di pundak striker Argentina itu. Sejumlah 15 pemain lainnya mencetak 75 gol tersisa Barcelona....


Dari daftar tersebut, David Villa memimpin pencetak gol terbanyak Barca di belakang Messi. Dia sudah mengemas 14 gol. Cesc Fabregas yang memainkan peran sebagai striker hantu, mencetak 9 gol, disusul Pedro dengan 7 gol. Cristian Tello, Xavi Hernandez, Adriano, dan Alexis, sama-sama menyumbang lima gol.
Dari sisi posisi pemain, tidak pula ada alasan bagi Barcelona tak bisa mencetak gol tanpa Messi. Pemain-pemain lini belakang, musim ini menyumbang 17 gol. Tak beda jauh dengan mereka yang bermain di lini gelandang dengan 24 gol. Sedangkan barisan penyerang menyumbang 32 gol. Yang mengejutkan adalah produktivitas mencetak gol, dua pemain belakang, Adriano dan Jordi Alba.

Comment