Senin, 04 Februari 2013

Valencia Tahan Laju Barca


Lionel Messi ditahan pemain Valencia. (foto: Reuters)

VALENCIA – Barcelona gagal memperlebar jarak dari rival terdekat, Atletico Madrid. Menyambangi markas Valencia, Blaugrana hanya mampu bermain 1-1 hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, maka Valencia hanya mampu naik satu peringkat ke posisi keenam dengan mengumpulkan 34 poin. Sedangkan Barca kokoh di puncak klasemen dengan mengumpulkan 59 poin, unggul 12 poin dari Atletico..... 


Jalanya Pertandingan
Babak Pertama
Bertanding di Stadion Mestalla, Senin (4/2/2013) dini hari WIB, Barca menurunkan formasi terbaik untuk menggempur pertahanan Valencia. Trio Lionel Messi, Andres Iniesta dan Pedro diturunkan sejak menit awal.

Sebaliknya, Valencia mengandalkan Roberto Soldado dan Ever Banega untuk menggempur pertahanan Blaugrana. Meski demikian, lini tengah Los Che yang mengandalkan 4-2-3-1 mampu mengimbangi lini tengah Barca.

Bahkan menit 33, Valencia sempat memimpin 1-0 lebih dulu lewat gol Banega. Berawal darii umpan silang Soldado, bola disundul Gerard Pique, tapi jatuh di kaki Banega. Lewat sebuah sepakan keras Banega mampu membobol gawang Victor Valdes.

Tapi keunggulan itu tidak berselang lama. Lima menit kemudian, Barca mendapatkan penalti setelah Pedro dijatuhkan pemain belakang Valencia. Messi yang menjadi eksekutor dengan mudah menggetarkan gawang Guaita. Skor berubah 1-1.

Menit 44, Guardado mendapatkan kesempatan untuk melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tapi, kali ini Valdes mampu menyelamatkan gawang Barca. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua
Valencia kembali bermain menyerang di babak kedua. Soldado kembali nyaris menggetarkan jala Barca menit 51. Sayang, sundulan penyerang asal Spanyol itu masih menyamping dari gawang Valdes.

Empat menit kemudian Barca mencoba untuk membalas. Umpan Messi berhasil diterima dengan baik oleh pemain pengganti Cesc Fabregas. Namun, sepakan mantan bintang Arsenal masih menyamping dari gawang Guaita. 

Barca berusaha keras untuk menggedor pertahanan Valencia. Sebaliknya, Soldado dkk tidak kalah gencar melakukan serangan. Namun, tidak ada gol yang tercipta dan skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:
Valencia (4-2-3-1): Guaita; Joao, Rami, Ricardo Costa, Cissokho; V. Ruiz, Tino Costa;
Bernat (Piatti 70), Banega (Canales 64), Guardado (Jonas 86); Soldado.

Barcelona (4-3-3): Valdes; Dani Alves, Pique, Mascherano (Puyol 55), Jordi Alba; Fabregas (Villa 72), Busquets, Xavi (Alcantara 90); Iniesta, Messi, Pedro.

Comment