Senin, 07 Januari 2013

Laporan Pertandingan: Barcelona 4–0 Espanyol

atletico madrid vs barcelona , messi , xavi


Barcelona melanjutkan hasil positif tahun lalu di laga perdana mereka pada 2013 setelah menggasak Espanyol 4-0 dalam laga derby Catalunya di lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Senin (7/1) dinihari WIB.............


Kemenangan atas Espanyol makin mengukuhkan posisi Barcelona di puncak klasemen sementara. Blaugrana kini mengumpulkan nilai 52 dari 18 pertandingan yang telah dilalui. Sedangkan Espanyol tetap berada di zona degradasi.

Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi masuk ke dalam starting line-up di laga derby ini. Barcelona yang belum pernah menelan kekalahan tidak diperkuat Isaac Cuenca dan Eric Abidal. Gerard Pique dan Carles Puyol yang sudah bugar berduet di barisan belakang Blaugrana.

Sementara pelatih Espanyol Javier Aguirre tidak menurunkan kiper Christian Alvarez yang kondisi fisiknya tak pulih tepat waktu. Di bawah mistar, Aguirre mengandalkan Kiko Casilla. Aguirre juga memainkan Raul Baena di sektor gelandang, mencadangkan Christian Alfonso.

Barcelona yang tidak ingin mengecewakan fans di laga pembuka 2013 menerapkan permainan agresif, dan memaksa Espanyol tak bisa menjalankan taktik mereka. Barcelona mendominasi permainan sepanjang babak pertama, tapi mendapatkan perlawanan dari Espanyol di babak kedua.

Babak pertama

Tito Vilanova sudah kembali ke bangku cadangan Barcelona, dan kondisi ini memberikan pengaruh terhadap performa Blaugrana. Sejak pluit kick-off ditiupkan wasit, Barcelona tak berhenti menggempur pertahanan Espanyol.

Serangan sporadis Barcelona membuahkan hasil bagus ketika laga memasuki menit kesepuluh. Andres Iniesta melepaskan umpan panjang dari kanan, dan bola disambut Xavi yang masuk ke jantung pertahanan. Xavi tanpa ampun menjebol gawang Kiko Casilla.

Setelah sempat menghentikan tendangan Iniesta dari kiri gawang di menit ke-13, Casilla dipaksa untuk memungut bola dari jalannya untuk kali kedua selang dua menit kemudian. Cesc Fabregas melewati Lopez dan Moreno. Lionel Messi yang menerima bola dari Fabregas melepaskan tendangan keras, dan si kulit bundar dibelokkan Pedro untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Unggul dua gol tidak membuat Barcelona mengendurkan serangan. Tuan rumah memperbesar keunggulan mereka di menit ke-27. Sergio Busquets memberikan umpan matang, dan Pedro melepaskan tendangan yang mengecoh Casilla, sehingga Barcelona kini unggul tiga gol.

Selang dua menit kemudian, Barcelona mendapatkan hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Casilla melanggar Fabregas yang berusaha menipu dirinya di kotak terlarang. Messi yang ditunjuk sebagai eksekutor, sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan Barcelona membuat Espanyol tidak bisa mengembangkan permainan mereka. Upaya tim tamu untuk memperkecil ketertinggalan tak berhasil, sehingga skor 4-0 menutup laga babak pertama.

Babak kedua

Barcelona tidak mengubah permainan mereka di babak kedua ini. Namun tidak seperti halnya di babak pertama, kali ini Blaugrana mengalami kesulitan untuk menambah pundi-pundi gol mereka, karena Espanyol mampu memperbaiki performanya.

Pada menit ke-47, Barcelona sempat mengancam pertahanan Espanyol. Messi memberikan umpan terobosan kepada Iniesta. Di momen genting ini, di mana Iniesta bisa berhadapan satu lawan satu dengan Casilla, Colotto masih bisa mengejar, dan memblok upaya Iniesta.

Barcelona selanjutnya menjebol gawang Espanyol di menit ke-65. Messi menyodorkan bola kepada Fabregas, dan selanjutnya mengirimkan si kulit bundar kepada Pedro untuk membobol gawang Casilla. Tapi asisten wasit mengangkat bendera, karena Fabregas berada dalam posisi off-side.

Pedro kembali membobol gawang Espanyol di menit ke-73. Tapi wasit lagi-lagi menganulir gol itu, karena menilai Pedro berada dalam posisi off-side.

Espanyol nyaris menyarangkan bola ke jala Victor Valdes pada menit ke-80 akibat kesalahan yang dilakukan Gerard Pique. Blunder Pique membuat bola jatuh ke kaki Juan Albin sedikit di luar kotak penalti Barcelona. Valdes pun harus melakukan penyelamatan gemilang.

Barcelona hampir saja memperlebar keunggulan mereka selang dua menit kemudian. Namun tendangan melengkung Messi yang tak bisa dijangkau Casilla hanya menerpa tiang gawang. Skor 4-0 tidak mengalami perubahan hingga pluit panjang ditiupkan wasit.

Berikut susunan pemain kedua tim:
Barcelona: Valdes; Alves, Pique, Puyol, Alba; Xavi (Thiago 64'), Busquets, Cesc (Villa 67'); Pedro (Alexis 76'), Messi, Iniesta.
Cadangan: Pinto, Montoya, Mascherano, Song, Thiago, Alexis, Villa.

Espanyol: Casilla; Lopez, Colotto, Moreno, Capdevila; Forlin, Sanchez; Verdu (Stuani 64'), Baena (Alfonso 61'), Simao (Albin 77'); Garcia.
Cadangan: German, Rodriguez, Victor, Albin, Gomez, Alfonso, Stuani.

Comment