Senin, 07 Januari 2013

FOKUS: Andres Iniesta - Lima Performa Terbaik 2012 & Tiga Alasan Mengapa Dia Layak Meraih Ballon D'Or

Andres Iniesta, FC Barcelona (Getty)

Hanya sedikit pesepakbola di masa lalu maupun saat sekarang yang bisa menyamai kemampuan istimewa yang dimiliki Andres Iniesta dan pemain Spanyol ini memperlihatkan kemegahan bakat dengan sikap dingin namun efektif. Bintang Barcelona ini sudah membiasakan...............
diri dengan kehidupan di balik bayang-bayang lulusan La Masia lainnya seperti Xavi Hernandez dan Lionel Messi namun kedewasaan permainan telah menegaskan pengaruhnya di tengah lapangan hingga meraih apresiasi yang sudah sepantasnya didapatkan.

Iniesta sekarang masuk dalam kelompok elit bersama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebagai kandidat kuat peraih Ballon d'Or 2012, statusnya kuda hitam meski menikmati petualangan luar biasa tahun lalu. Jangan lupa, pemain berusia 28 ini sukses mengalahkan semua kompetitor untuk menyabet gelar Pemain Terbaik UEFA. GOAL.com memberikan tiga alasan mengapa Iniesta pantas meraih penghargaan individu paling bergengsi dan mengulang kenangan beberapa performa terbaiknya tahun 2012...
PERFORMA HEBAT DI EURO 2012
Iniesta menjadi komandan serangan Spanyol dan rutin menciptakan peluang bagi sang juara. Gelandang kreatif ini nyaris terlibat di semua serangan yang disusun Spanyol. Iniesta memandu tim sepanjang turnamen dan pantas menyabet tiga predikat Man of the Matchsekaligus Pemain Terbaik Euro 2012 sekaligus menjadi simbol turnamen.
"Saya begitu terkesan dengan performa Iniesta. Pengaruhnya terhadap permainan Spanyol sangat besar. Dia mengingatkan pada diri saya sendiri tapi lebih dingin lagi." 

- Zinedine Zidane

Dari sudut statistik, Iniesta hanya menciptakan dua assist di pesta sepakbola paling akbar Eropa tersebut dan tidak pernah mencetak gol kecuali saat adu penalti melawan Portogal. Akan tetapi pengaruhnya terhadap tim dan kemampuan mengolah bolanya tidak bisa diragukan. Setiap pelatih pasti memberi instruksi untuk menempel ketat namun dia selalu menemukan jalan keluar untuk melepaskan diri tidak peduli berapa pemain yang mengawalnya. Iniesta memimpin Spanyol ke partai puncak dan kembali memperlihatkan performa berkelas.

Kesuksesan di Euro memberinya keuntungan lebih dibanding Ronaldo dan Messi di level internasional dan banyak pemilih Ballon d'Or meyakini faktor keberhasilan meraih trofi turnamen besar di level internasional merupakan salah satu komponen penting yang wajib masuk hitungan.
 
TOREHAN GOL BERDAMPAK MINIMAL
Iniesta tidak akan pernah bisa menyamai catatan gol yang diciptakan Messi dan Ronaldo. Dia hanya menyumbang delapan gol di level klub dan internasional sepanjang 2012. Demi rasa keadilan, kekuatan Iniesta memang tidak terletak di sana. Di adalah dalang di lini tengah yang menjadi sumber serangan sekaligus menciptakan peluang meski seringkali tidak menciptakan umpan langsung dari lahirnya sebuah gol.

Tahun 2012 Iniesta mengamankan 27 assist namun dia bertanggung jawab atas terciptanya sederet gol lain. Peranannya dalam membangun serangan begitu krusial meski seringkali hal tersebut dianggap remeh saat Messi (dalam hal ini bersama Barcelona) menciptakan gol berkelas.

Iniesta sebenarnya memiliki kemampuan menyelesaikan peluang dengan baik, belum lagi tendangan jarak jauhnya sangat akurat. Mungkin saja kita bisa menyaksikan lebih banyak gol andai dia bersikap sedikit lebih egois. Iniesta memiliki kemampuan membaca pergerakan rekan satu tim dan memberinya umpan manja dengan beragam gaya. Saat kebanyakan pemain lebih senang mengambil opsi mudah dengan melepaskan tendangan langsung, Iniesta justu mengambil jalan paling sulit dengan memberikan bola ke pemain dengan posisi lebih baik.
GameGolAssistRasio Gol/Assist per game
628270.56

INIESTA PEMAIN DENGAN KEMAMPUAN LENGKAP
Rival Iniesta dalam perburuan Ballon d'Or jelas dianugerahi bakat luar biasa tetapi kelebihan mereka hanya terpusat di area serangan saja. Di sisi lain Iniesta bisa memberi lebih banyak dari sekedar mencetak gol dan menyajikan assist. Iniesta pemain serba bisa dan piawai dimainkan di beberapa posisi di sektor depan atau gelandang.

Bekerja keras di tengah lapangan selalu menjadi ciri khas Iniesta namun kualitas yang paling digemari dari pemain ini adalah kreativitas saat menguasai bola. Sebagai tambahan dari insting kreatifnya, Iniesta memiliki kemampuan mencetak gol.
"Iniesta pesepakbola komplit. Dia bisa menyerang dan bertahan, menciptakan peluang sekaligus mencetak gol." 

- Vincente del Bosque

Duetnya bersama Xavi di lini tengah akan menjadi topik sepanjang masa. Mereka dipasangkan di Barcelona dan timnas Spanyol dan keduanya memonopoli penguasaan bola dengan mudah. Selama bertahun-tahun kemampuan dribbling dan kerja keras Iniesta saat menyerang telah mendukung kinerja Xavi.

Iniesta mungkin tidak tergolong figur kekar atau kokoh, tidak bermaksud negatif, namun pemain ini lebih condong bertipe artistik. Meski demikian Iniesta bukan pemain malas karena gemar membantu pertahanan dengan kemampuan tekel mumpuni.
 
LIMA PERMAINAN TOP 2012
1. Spanyol 4-0 Italia, Final Euro 2012 - 2 Juli 2012: 

Setelah menancapkan namanya di sejarah sepakbola Spanyol dengan mencetak gol kemenangan di final Piala Dunia 2010, Iniesta sukses mempertahankan status sebagai pahlawan di final Euro 2012. Untuk kali kesekian, Iniesta menjadi mesin La Roja.

Iniesta dengan lincah bergerak dari satu lini ke lini lain, melewati hadangan lawan dan memperlihatkan umpan dengan level akurasi tinggi. Umpan terobosannya pada Cesc Fabregas saat gol pertama tercipta menjadi puncak dari sebuah performa istimewa.

2. Spanyol 1-1 Italia, Euro 2012 Babak Penyisihan Grup - 10 Juni 2012:

Pertandingan perdana Spanyol di Euro 2012 dan sebagai favorit mereka menerima beban paling besar. Pada laga ini penampilan Iniesta layak diacungi jempol karena sering melakukan penetrasi ke jantung pertahanan lawan atau turun ke bawah memperkuat pertahanan di waktu yang tepat. Apapun yang dilakukan Spanyol, Iniesta pasti terlibat.

Dengan mudah semua orang mengatakan Iniesta pemain paling berbahaya pada pertandingan ini. Iniesta juga menjadi otak di balik terciptanya gol penyeimbang kedudukan. 
3. Barcelona 3-1 AC Milan, Leg kedua Liga Champions - 3 April 2012:
Setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol di leg kedua, Barcelona mendapat tekanan hebat untuk meraih kemenangan di kandang sendiri dan pada saat itu tidak ada seorangpun bisa mengganggu fokus Iniesta.

Sang bintang tampil tenang dan seperti biasa menjadi komandan di lini tengah degan umpan-umpan akurat. Pertandingan sarat gengsi ini seolah-olah tidak berarti apapun karena penampilannya begitu lugas. Iniesta bahkan dengan tenang mencetak gol ketiga Barcelona yang memastikan langkah mereka ke babak semi-final.

4. Levante 0-4 Barcelona, La Liga - 26 November 2012:

Sebuah peristiwa langka Lionel Messi tidak terpilih sebagai Pemain Terbaik saat mencetak dua gol, tetapi itulah yang terjadi. Kebintangan Messi bisa diredam performa sensasional Iniesta.

Kedudukan sama kuat 0-0 tercipta di babak pertama dan Iniesta memperlihatkan magisnya di interval kedua. Saat pertandingan berjalan di menit 63, Iniesta membuat semua orang terkagum-kagum karena mencetak hat-trick assist plus sebuah gol indah. Sebuah performa sempurna dari Iniesta yang mengantarkan timnya dengan mudah menciptakan empat gol.
5. Barcelona 4-1 Atletico Madrid, La Liga - 17 Desember 2012:
Dua tim papan atas La Liga bentrok pada sebuah laga yang menyuguhkan pertarungan antara Radamel Falcao dan Messi. Dua penyerang hebat ini memang sukses menciptakan gol tetapi Iniesta punya cara tersendiri menciptakan penampilan terbaik sepanjang tahun.

Raksasa Catalan tersebut memulai pertandingan dengan tempo lambat namun Iniesta tidak pernah lelah menghadirkan masalah di lini pertahanan Atletico. Iniesta adalah ancaman tetap bagi tim tamu dan dia menyuguhkan umpan back heel indah yang berbuah gol keempat.
KESIMPULAN:
Iniesta adalah cerminan gaya sepakbola Spanyol dan hal ini akan berlangsung dalam waktu lama. Dia adalah gelandang paling ideal bagi Barcelona dan contoh sempurna pemain profesional. Kerap diremehkan oleh pengamat yang membandingkannya dengan Messi dan Xavi, Iniesta malah bertransformasi menjadi cangkokan kedua bintang tersebut. Kemampuan mencetak gol, dribbling dan pengendalian bola Iniesta boleh dikatakan tidak sebagus Messi, tetapi dia punya cara khusus untuk melakukan itu semua. Distribusi dan visi Iniesta mungkin tidak seberkualitas Xavi tetapi dia memiliki kemampuan lebih dari cukup untuk memegang komando di lini tengah. Iniesta pemain serba bisa istimewa dan dia sudah sepantasnya mendapat penghargaan yang selama ini tidak bisa digapai karena secara reguler berbagi dengan sosok seperti Messi dan Xavi.

Comment