Senin, 07 Januari 2013

FOKUS: Lionel Messi - Lima Performa Terbaik 2012 & Tiga Alasan Mengapa Dia Layak Meraih Ballon D'Or

Leo Messi - Barcelona

Ada yang mengatakan bola ditempel di kakinya, ada yang mengatakan bola itu memang bagian dari dirinya, bagaimanapun juga bagaimana Lionel Messi mengolah bola dengan kakinya akan mustahil bagi kita, 'manusia biasa' untuk menjelaskannya. Penonton berharap melihat............
sebuah magis setiap kali dia berada di atas lapangan, dia sangat jarang tampil buruk. Jadi tiga Ballon D'Or yang ia raih secara beruntun bukanlah hal yang terlalu mengejutkan. Dia sekarang akan besaing dengan rekan setimnya, Anders Iniesta, dan rival terbesarnya, Cristiano Ronaldo, untuk mendapatkan Ballon D'Or ke-empat secara beruntun. GOAL.com menyajikan tiga alasan mengapa Messi layak memenangkan penghargaan itu lagi dan menyajikan beberapa performa terbaiknya di 2012.

 
Performa Di Tim Nasional


Tahun demi tahun, Messi selalu mendapatkan kritikan ketika memakai jersey timnas Argentina. Ia dinilai tidak dapat menampilkan performa sensasional di klubnya ketika memperkuat negaranya. Tetapi tahun ini, ia dapat terhindar dari satu-satunya kelemahan dirinya sejauh ini.
Messi berhasil mencetak 12 gol untuk negaranya hanya dengan 11 pertandingan, ia mencetak dua kali hat-trick di laga-laga itu. Dan yang paling utama, Messi akhirnya mulai terbiasa dengan jabatan kapten dan membawa timnya tidak terkalahkan di 2012 dengan catatan sembilan menang dan dua imbang. Messi menyamai rekor Gabriel Batistuta yang mencetak 12 gol dalam satu tahun untuk Argentina, meskipun legenda Roma tersebut melakukannya ketika Piala Dunia digelar di tahun itu.

Meski Argentina tidak terlibat dalam turnamen besar tahun ini, performa Messi di level internasional tidak dapat diabaikan. Kinerjanya bersama timnas Argentina tentu akan membuat peluangnya meraih Ballon D'Or lebih besar.

Gol Dan Rekor

Di periode karirnya saat ini, Anda akan merasa Messi akan memecahkan banyak rekor. Yang paling impresif dari semua dan yang paling relevan dengan usahanya mempertahankan Ballon D'Or, yaitu mencetak 92 gol dalam satu tahun kalender.
Catatan tersebut memecahkan rekor 85 gol Gerd Muller, mengunggulinya dengan tujuh gol. Sebuah pencapaian yang layak mendapatkan apresiasi dan membuat para pemilik suara mungkin akan lebih condong memilih Messi untuk meraih Ballon D'Or meskipun ia hanya mengantarkan Barcelona meraih juara Copa del Rey di 2012.
"Rekor saya bertahan 40 tahun - 85 gol selama satu tahun- dan sekarang pemain terbaik di dunia memecahkannya dan saya senang untuknya. Dia pemain luar biasa, sangat luar biasa." 

- Gerd Muller
Dia juga memecahkan beberapa rekor lain. Dia menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol di pertandingan Liga Champions ketika Barcelona melibas Bayer Leverkusen 7-1 di Camp Nou. Fakta yang sangat luar biasa adalah Messi hanya gagal mencetak gol di menit pertama, kedua, ke-sepuluh, ke-14, ke-15 dan ke-69 sepanjang 2012. Dia mencetak gol dalam sepuluh pertandingan La Liga secara beruntun, di mana ia mencetak 23 gol.
Dengan keberhasilannya memecahkan rekor-rekor itu dan rekor lainnya, akan sedikit mustahil apabila Messi gagal mendapatkan penghargaan prestisius tersebut untuk tahun 2012. Selain jumlah golnya yang banyak di 2012, kualitas dan variasi gol yang ia ciptakan juga sangat impresif. Sederhananya, ia adalah pencetak gol yang luar biasa di 2012.
LagaGolAssistRasio Gol/Assist per laga
6992281.74

Memang Yang Terbaik

Ballon d'Or adalah penghargaan untuk pemain terbaik di sebuah tahun kalender. Pencapaian individu seorang pemain dan tim mereka memainkan peran vital dalam keputusan terakhir, tetapi jika Anda menghilangkan faktor tersebut dan menilai berdasarkan kemampuan, Anda dapat mengatakan Messi menang dengan telak.
Bintang Barcelona ini tidak pernah berhenti membuat penonton terkagum-kagum dan secara konsisten membuat para pengkritik bungkam. Di suatu waktu, ada sebuah acara yang menampilkan prediksi apa yang akan ia lakukan ketika di atas lapangan, tetapi itu tidak membuat lebih mudah untuk menghentikannya. Dia terus menampilkan permainan sensasional dan terus berada di bawah sorotan atas kegemilangannya.
"Saat dia berlari, Messi tidak dapat dihentikan. Dia satu-satunya pemain yang dapat berubah arah dalam kecepatan tinggi. Dia pemain terbaik di dunia dengan unggul beberapa langkah." 

- Arsene Wenger
Dia tidak dapat dibandingkan dengan pemain lain di planet ini dan He is incomparable to any other player on the planet and melihat pencapaiannya sejauh ini, sungguh sulit dipercaya dia masih berusia 25 tahun dan mungkin baru memasuki tahun terbaiknya. Saat ini, dia adalah pemain terbaik di dunia.

Lima Penampilan Top Pada 2012

1. Barcelona 7-1 Bayer Leverkusen - 16 Besar Liga Champions leg kedua, 7 Maret 2012:

Jika ada penampilan sempurna dari Messi, maka inilah pertandingan tersebut. Pemain jenius tersebut menghancurkan runner-up Liga Champions 2002 dan menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam pertandingan turnamen paling bergengsi di Eropa tersebut.
Kualitas setiap gol yang ia cetak membuat rekor tersebut lebih impresif. Gol pertama ia lesakkan ke sudut jauh gawang, menusuk ke kotak penalti di gol kedua, mencetak hat-trick dengan menchip bola melewati kiper, mencetak gol ke-empat melalui sudut sempir dan kemudian melepaskan tembakan melengkung dari jarak jauh untuk gol kelimanya. Messi tidak dapat dihentikan.

2. Argentina 4-3 Brasil - Laga uji coba, 9 Juni 2012:

Rivalitas panas antara dua negara raksasa Amerika Latin menghasilkan pertandingan yang luar biasa dan Messi menjadi bintang di pertandingan tersebut. Ia meremukkan tim Samba dengan mencetak hat-trick untuk memastikan kemenangan Argentina.
Dia memporak porandakan lini belakang Brasil di dua gol pertamanya, dan gol ketiganya adalah gol yang sangat cantik. Dengan kedudukan imbang 3-3, dia menerima bola dari sisi kanan dan berlari menuju ke gawang, menusuk ke daerah dalam sebelum melepaskan tembakan melengkung yang memastikan kemenangan.
Performa sensasionalnya itu mengikuti catatan hat-trick yang ia cetak saat menghadapi Swiss sebelumnya dan hal itu membuat kritikan terkait performa Messi di timnas mulai memudar.

3. Barcelona 5-1 Valencia - La Liga,20 Februari 2012:
Ini adalah performa khas Messi lainnya. Dia merusak lini pertahanan Valencia dan mereka tidak dapat membendungnya. Dia mencetak empat gol pertama Barcelona dan menyelesaikan dengan satu assist
Gol melalui bola lob yang melewati Diego Alves menjadi gol terbaiknya di laga tersebut, dan itu benar-benar menunjukkan kejeniusannya. Itu adalah penampilan yang sangat luar biasa dan mampu membuktikan bahwa dia adalah pemain terbaik di dunia.

4. Barcelona 5-3 Granada - La Liga, 20 Maret 2012:

Ketika Anda memiliki Messi di klub Anda, kemasukan gol bukanlah masalah besar. Meski kemasukan tiga gol ketika menghadapi tim yang lebih kecil, Barcelona mampu mencetak lima gol untuk membalas dan Anda pasti tahu, Messi terlibat dalam lima gol tersebut.
Di samping tiga golnya, dia juga menyempurnakan catatan tersebut dengan dua assist yang memastikan Barcelona tidak mendapatkan kekalahan yang mengejutkan.
Gol-golnya di pertandingan itu juga terasa spesial karena membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Barcelona.

5. Deportivo La Coruna 4-5 Barcelona - La Liga, 20 Oktober 2012:

Pertandingan ini membuktikan bahwa Barcelona akan terpeleset apabila mereka tidak memiliki sosok  yang mampu mengubah hal biasa menjadi sesuatu yang luar biasa. Beruntung mereka memiliki hal itu dalam diri Messi.

Setelah membawa bola, Messi mengumpan pada Tello yang membuat Barca unggul 2-0. Dia kemudian mencetak gol sebelum babak pertama berakhir sehingga membuat kedudukan menjadi 4-2 untuk keunggulan tim Catalan. Dia kemudian mencetak gol ketiga di menit ke-77 lewat solo run yang brilian dan membuat Barca menang dengan skor 5-4.

"Sebuah kehormatan menjadi pelatih dari pemain terbaik yang pernah saya lihat dan mungkin yang terbaik diantara semua yang saya lihat." 

- Pep Guardiola
Kesimpulan:
Lionel Messi adalah pesepakbola ajaib. Dia adalah pemain yang paling bertalenta di antara semua pemain tetapi dia juga memiliki pikiran yang cerdas dan tetap rendah hati. Dia akan menjadi pemain terbaik di generasinya dan masih berusia 25 tahun, dia sudah bersaing dengan pemain seperti Diego Maradona dan Pele untuk dinilai sebagai pemain terbaik sepanjang masa meskipun Piala Dunia terus lolos dari dia. Murni berdasarkan kemampuan dan efektivitas, Messi seharusnya dapat meraih Ballon d'Or ke-empat kalinya.

Comment