Minggu, 10 Februari 2013

Enam Gol Barca Tumbangkan Getafe


Selebrasi gol dari Alexis Sanchez pada menit keenam. (Foto: Reuters)

BARCELONA - Barcelona berhasil meraih kemenangan kembali dalam laga lanjutan La Liga, Minggu (10/2/2013). Kali ini giliran Getafe yang menjadi korban dari Barca dengan skor akhir 6-1.

Usai ditahan imbang 1-1 oleh Valencia, El Barca seolah meluapkannya kepada Getafe di pekan ke-23 ini. Tak tanggung-tanggung enam gol berhasil dicetak Barca, yang masing-masing dicetak oleh Alexis, Messi, Villa, Tello, Iniesta dan Pique di masa injury time.

Sementara, Getafe hanya mampu menyarangkan satu gol saja lewat kaki Alvaro di menit ke-83. Tentunya, kemenangan ini semakin memantapkan Barca di puncak klasemen sementara dengan raihan 62 poin.....


Jalannya Pertandingan
Babak Pertama:

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Getafe mencoba untuk melakukan tekanan ke kubu Barca lebih dulu. Lewat umpan dari Diego Castro yang ditunjukkan kepada Adrian Colunga, akan tetapi bola terlalu deras dan sulit digapai Colunga.

Keunggulan malah diciptakan oleh tim tuan rumah lewat gol dari Alexis Sánchez pada menit keenam. Lewat serangan balik yang dimotori oleh Andres Iniesta yang kemudian diteruskan kepada Alexis yang sudah di kotak penalti Getafe.

Alexis pun berhasil menyarangkan bola tersebut ke gawang Getafe yang dikawal oleh Codina dengan mengarahkan bola ke sisi kiri gawang. Barcelona pun unggul atas Getafe dengan skor 1-0.

Memasuki menit ke-13, Barca kembali menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini giliran sang mega bintang Lionel Messi yang mencetak gol. Sepakan La Pulga hasil umpan dari Thiago tak mampu ditahan oleh sang kiper.

Bek Getafe, Alberto Lopo berhasil melakukan penyelamatan dengan baik pada menit ke-21. Lopo berhasil menekel Messi dengan cukup bersih kala Messi mencoba menerobos ke dalam kotak penalti timnya.

Barca nyaris mencetak gol ketiganya pada menit ke-27 usai Messi memberikan umpan kepada Alexis. Beruntung, Codina berhasil mengamankan bol tersebut sebelum Alexis menyepak bolanya.

Getafe mencoba memberikan perlawanan  pada menit ke-38 lewat serangan balik. Sayang sekali tembakan Diego Castro dari luar luar kotak penalti Barca masih bisa ditangkap oleh kiper Valdes.

Jelang berakhirnya laga di babak pertama, Alexis kembali mengancam daerah Getafe pada menit ke-43. Beruntung bola yang diteruskan olehnya ke Thiago masih bisa diamankan oleh Codina, dan skor pun bertahan 2-0 hingga berakhirnya babak pertama ini.

Babak Kedua:
Memasuki interval kedua, laga berjalan dengan tensi tinggi dan kedua tim bergantian melakukan tekel cukup keras. Beruntung, tak ada pemain yang cedera akibat permainan keras yang dipergakan di menit-menit awal babak kedua ini.

Pada menit ke-51, Barca gagal melakukan counter attack dengan baik. Umpan terobosan yang dilakukan oleh Messi dari tengah lapangan gagal mencapai Alexi dan Getafe pun berhasil mengamankannya.

Usai mendapatkan serangan dari Iniesta, Getafe mencoba lakukan serangan balik pada menit ke-55. Diego Castro yang menguasai bola langsung melepaskan sepakan cukup keras dari luar kotak penalti, tapi bola malah mengenai kaki Carles Puyol.

El Barca kembali mencetak gol untuk yang ketiga kalinya pada menit ke-58. Kali giliran David Villa yang mengubah papan skor menjadi 3-0 usai mendapatkan umpan dari Jordi Alba, Villa yang lolos dari jebakan offside sukses menaklukkan kiper Codina.

Menit ke-60, Barca nyaris mencetak gol kembali bila Iniesta bisa memanfaatkan dengan baik operan Messi. Dua menit kemudian, giliran Messi yang mencoba melesatkan bola gol ke gawang Getafe, tapi bola masih diamankan dengan baik oleh Codina.

Tello yang turun sebagai pemain pengganti berhasil mencetak gol keempat bagi Barca pada menit 79. Gol tersebut berawal dari umpan manis Messi dan berhasil dikonversi menjadi gol oleh Tello lewat sepakan kerasnya.

Jelang berakhirnya babak kedua, Getafe berhasil mencetak gol ke gawang Barca. Gol dari Getafe dicetak juga oleh pemain pengganti Alvaro pada menit ke-83 usai memanfaatkan back pass dari Alba, skor berubah menjadi 4-1.

Memasuki menit-menit akhir babak kedua ini, Barca masih mengusai jalannya pertandingan. Alhasil, Iniesta berhasil melengkapi kemenangan Barca menjadi 5-1 lewat golnya di menit ke-90 

Tambahan waktu dua menit dari wasit benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh anak asuh Tito Vilanova. Pasalnya, Pique sukses mencetak gol keenam dan mengubah skor menjadi 6-1, gol itu sendiri menjadi gol terakhir di laga ini.

Susunan pemain
Barcelona: 
Victor Valdes, Adriano (Daniel Alves ’46), Gerard Pique, Carles Puyol (Javier Mascherano ’76), Jordi Alba, Alex Song, Thiago Alcantara, Andres Iniesta, David Villa, Alexis Sanchez (Tello ’73), Lionel Messi

Getafe: Codina, Alberto Lopo, Alexis, Miguel Torres, Sergio Escudero, Jaime Gavillan (Pedro León ’65), Pedro Leon, Abdel (Pablo Sarabia ’70), Michel, Borja, Adrian Colunga (Álvaro ’73)

Comment