Kamis, 03 Januari 2013

Liburan Selesai, La Liga Kembali Membara



Jakarta - Selesai sudah winter break La Liga Primera. Laga demi laga kembali menanti dijalani. Secara khusus sorotan dapat diarahkan ke Real Madrid, juara bertahan yang kini masih ketinggalan 16 poin dari rival beratnya, Barcelona........


Laga pertama di tahun 2013, setelah jeda sejak 22 Desember lalu, akan sangat berarti untuk El Real guna mengikis ketinggalan, sekaligus bangkit setelah menyudahi dua laga liga terakhirnya pada tahun 2012 dengan satu hasil imbang dan satu kekalahan--2-2 lawan Espanyol dan 2-3 atas Malaga.

Sudah bukan rahasia jika posisi Jose Mourinho sebagai pelatih Madrid mulai terusik akibat performa timnya di liga belakangan ini. Untuk Madrid, duduk di posisi tiga dengan tertinggal 16 poin dari Barca sang seteru berat dan bahkan tertinggal 7 poin dari Atletico Madrid yang rival sekota memang jelas tak oke.

Selain tertinggal dari Atletico dan Barca, Madrid kini juga mendapatkan tekanan dari Malaga yang berada di posisi empat dengan 31 poin atau terpaut dua angka saja dari El Real.

Maka kemenangan atas Real Sociedad, Minggu (6/1/2013), menjadi harga mutlak untuk 'Si Putih', terlebih laga pertamanya di tahun 2013 itu akan dijalani di Santiago Bernabeu.

Untuk laga tersebut, statistik membuat Madrid berada di atas angin karena selalu bisa meraih kemenangan atas Sociedad di dalam enam pertemuan terakhir antara kedua kesebelasan. Kali terakhir Sociedad bisa menang atas Madrid adalah pada 23 Mei 2004 silam, kendatipun pertemuan kedua tim pada musim 2005/06 berakhir dengan dua hasil imbang.

Akan tetapi, seandainya saja nanti Madrid terpeleset maka bukan saja Atletico dan Barca yang bisa semakin menjauh. Malaga pun siap memanfaatkan dengan mendekati atau bahkan menyalip Madrid.

Setelah mencatatkan tiga kemenangan beruntun dalam menutup tahun 2012, Malaga kini siap memperpanjang performa apik itu ketika melawat ke Riazor markas tim juru kunci Deportivo La Coruna.

Atletico, yang Desember lalu menjalani kurva naik turun karena sempat dikalahkan Madrid dan Barca walaupun bisa memenangi dua partai lainnya, bakal kembali berusaha tancap gas dalam memelihara asa juara, dengan bertamu ke markas Mallorca.

Ditilik dari papan klasemen, Atletico jelas diunggulkan atas Mallorca yang justru sedang bergulat untuk menjauhi zona degradasi. Tetapi Atletico tentu belum lupa bahwa lawatan terakhirnya ke Son Moix medio Maret lalu berakhir dengan kekalahan 1-2.

Sementara itu di Camp Nou, Barca berpeluang terus mengukuhkan posisinya di pucuk klasemen ketika menjamu Espanyol. Baik statistik maupun posisi klasemen cukup berpihak ke tuan rumah.

Sejauh ini Barca telah mengoleksi 16 kemenangan dan 1 kali imbang tanpa pernah kalah, kontras dengan Espanyol yang berada di posisi 18, tempat teratas zona maut, dengan 3 kemenangan, 6 kali seri, dan 8 kali kalah. Ada selisih 34 poin di antara mereka.

Sejak kalah 1-2 atas Espanyol pada 22 Februari 2009, Barca sudah memenangi empat dari enam pertemuan terakhirnya kontra tim tersebut, dengan dua laga sisa berakhir imbang.

Fakta bahwa Tito Vilanova, yang beberapa waktu lalu harus menjalani operasi tumor di kelenjar liurnya, sudah mulai kembali melatih juga bisa membuat Lionel Messi cs kian bersemangat untuk meraih kemenangan pekan ini.

Comment