Rabu, 16 Januari 2013

''INIESTA PLAYMAKER TERBAIK DUNIA VERSI IFFHS



Andres Iniesta terpilih sebagai playmaker terbaik dunia oleh International Federation of Football History dan Statistics (IFFHS). Seperti bisa diperkirakan, para pemain La Liga masih mendominasi peringkat IFFHS kali ini.

Pemilihan pemain atau pelatih terbaik versi IFFHS dilakukan dengan menggelar voting. Ini berbeda dengan pemilihan klub terbaik yang menggunakan sistem statistik dengan mencatat setiap pertandingan.

Iniesta mengumpulkan 146 suara, mengungguli Xavi dengan 128 suara serta Lionel Messi di peringkat tiga dengan 98 suara. Andrea Pirlo berhasil mendobrak dominasi La Liga dengan 87 suara, unggul cukup jauh dari Mesut Ozil di peringkat lima dengan 43 suara.......



Kemenangan Iniesta kali ini menjadi akhir dari dominasi rekannya sendiri di Barca, Xavi. Sebelumnya Xavi telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai playmaker terbaik selama empat tahun beruntun.

Bagi Iniesta, penghargaan ini memberikan sedikit hiburan setelah ia gagal mendapatkan ballon d'Or beberapa waktu lalu. Sementara itu bagi La Liga, kemenangan Iniesta ini semakin menegaskan dominasi mereka.

Sebelumnya Jose Mourinho sudah terpilih sebagai pelatih terbaik dan Iker Casillas terpilih sebagai kiper terbaik. Barcelona FC juga terpilih sebagai tim terbaik tahun 2012. La Liga berhasil unggul dari liga-liga lain meski hanya diwakili oleh duo Clasico.

Comment